Skip to main content

30 Creative Sales Ideas Untuk Cafe/ Resto


Nah edisi kali ini lebih pengen sharing soal tips-tips Creative Sales langsung yang bisa dipratekan, ga perlu teori, ga repot dan berbiaya “kecil” kali hehe. Kuncinya ketika mengeksekusi program-program di bawah harus ingat 3 W (WOW, WAW dan WUZZ), Wow begitu liat iklannya, Waw begitu baca detailnya dan langsung Wuzz menuju cafe/ Resto kita haha.

Semua ide saya rangkung dari semua tempat yang kebetulan pernah terlihat, terdengar, terbaca ataupun murni memang terinspirasi.  Sebetulnya ada sekitar 200 ide, Cuma 30 puluh dulu deh yang di posting, nanti dibuatkan ebook nya untuk di download. Selamat menikmati.

1. ½ Jam Discount
Buat program discount yang hanya berlaku setengah jam misal dari jam 5-5.30 dengan harga yang cukup ekstrim sehingga orang berbondong-bondong antri. Loh gimana ceritanya makanan ajah siap saji dalam setengah jam, nah itu urusan belakangan, yang penting rame dulu, biar orang pada antri-antri di jam 5, ntar buat kebijakan ajah yang udah pesan di jam 5 yah dapet diskon 50 persen.

2. Tweet and Discount
Setiap yang makan diberikan program tweet dan discount, dimana jika melakukan tweet akan mendapat discount sebesar misal 30 persen. Contoh “Wah enak banget nih sop buntut di warung @RajaBuntut , Makyuss abis”. Ingat. pas tweet pastikan ID @RajaBuntut nya diletakan setelah beberapa kalimat (agar semua follower si pen tweet membaca, jika diletakan di awal percuma karena jadi mention sifatnya). Ga perlu cantumkan no telepon biar orang jadi penasaran (taro juga boleh tentunya).

3. Ikuti Promo Discount Web
Sekaranga ada banyak discount web dengan base klien yang cukup besar seperti disdus.com nah boleh dicoba untuk mengikuti program promo mereka. Mekanismenya sederhana, kita memberikan discount misal sebesar 30 persen, nanti mereka akan promokan discount tersebut di website mereka. (kita akan dikenakan charge sesuai denga kebijakan dari disdusnya). Cara ini cukup efektif jika margin dari makanan yang kita jual cukup besar atau memang kita sedang ada budget promo.

4. Wowen’s Day
Buat hari khusus misalnya hari selasa (hari yang biasanya agak sepi) dengan programs Women’s Day, dimana jika pada hari itu wanita makan di tempat kita mereka akan mendapatkan special gifts atau discount khusus. Tambahkan lagi bila yang datang misalnya group cewe discountnya bisa lebih besar lagi sehingga kita bisa mengejar komunitas untuk datang.

5. Discount Sesuai Umur
Nah buat program discount sesuai umur, bagaimana jika datangnya banyakan? Nah umur yang paling tua lah yang dijadikan patokan discountnya. Kalo ngajak kakek neneknya gimana, yah udah resiko itu namanya haha. Lagian niat amat ngajak kakek-kakek demi discount.

6. Tambah Nasi Sepuasnya
Buat kebijakan di mana kalo makan bisa tambah nasi sepuasssss nya, kalo sanggup habisin sebakul yang silahkan. Orang indonesia merupakan penggemar nasi, jadi hal ini menjadi faktor yang cukup penting yang bisa membuat orang bakal sering datang.

7. Discount 30-50 Persen Semua Kartu Kredit
Nah ini biasa sih sebetulnya tapi .... yang tidak biasa sebetulnya kita berkerjasama dengan kartu kredit manapun (yah soalnya belom tentu mereka mau kalo tempat kita kecil dan belom terkenal) tapi biar kesannya tempat kita keren bisa pake kartu kredit.

8. Makan Sepuasnya, Bayar Seikhlasnya
Ini wong edan namanya, tapi boleh juga di lakukan untuk promosi awal jika baru buka untuk membuat kehoboan di kota Anda (itung-itungannya harus kenceng nih, misal daripada pasang billboard 300 juta mending alokasi budgetnya ke sini sehingga terjadi trial).

9. Layanan Antar 1 Jam
Jika tidak sampai dalam 1 jam maka makanan yang diantar gratis* (kok pake tanda bintang, yah itu namanya syarat dan ketentuan berlaku hehe, syaratnya kalo tidak terjadi force majure misal kecelakaan, Ban Pecah, Motor hilang dsb).

10. Gelas Terbesar di Indonesia
Nah biar heboh, coba cari atau pesan gelas minum yang besar sekali, tiap kali orang pesan Teh atau air putih antar dengan gelas tersebut, buat cerita ini adalah gelas teh manis. Air putih terbesar di Indonesia. Ingat orang indonesia suka sekali gossip/ cerita, nanti pasti terjadi cerita bersambung ke orang lain.

11. Karangan Bunga
Nah kalo baru buka, minta temen-temen sesama pebisnis kirim karangan bunga ucapan selamat, kalo perlu kita yang modalin karangan bunganya biar kesannya yang buka merupakan tempat yang keren dan punya banyak relasi hehe.

12. Harus Rame Sebulanan
Nah kalo buka tempat makan apalagi baru, pastikan selalu Rame Rame dan rame, ga boleh terlihat sepi walaupun sebentar. Jadi pastikan undang tuh semua teman, keluarga, handai tolan, mertua, selingkuhan dan semua penduduk kalo perlu (hehe bencanda) untuk makan dan nongkrong selama mungkin di cafe/ resto. Pastikan harinya juga di atur tiap undangan, jangan di hari yang sama. Gimana caranya biar mereka mau datang? Yah standartlah kasih diskon kalo perlu gratis, itung-itung biaya promosi oi.

13. Parkir Mobil
Ini sih strategi udah banyak sebenernya dibahas di mana-mana, singkat kata kita minta bapak, ibu, kakek, nenek, teman dan semua orang parkir mobilnya di cafe/ resto kira biar terlihat ramai, nah masalahnya kalo pas yang udah dateng liat sepi di dalemnya tetep ajah jadi ragu dan pasti kemudian berpikir “ah sialan dibooingin gua, tuh mobil2 pasti punya saudara2nya” hehe. Terserah sih nama juga usaha kalo mau di coba yah silahkan, gratis kok.

14. Gratis Buat yang Ultah
Nah ini program di mana buat yang ulang tahun bakal dapat special menu/ gifts kalo pas kebeneran makan di cafe/ resto kita. Yah paling standart dapet kue ultah, yang paling heboh semua tagihan di group yang sedang ultah dapet diskon hehe.

15. Bayar Influencer
Nah ini rada canggihan dikit nih (buat yang belom biasa twitter doang sih hehe), misal di A follower twitternya buanyakk banget, nah kita kontak dia buat iklanin cafe/ resto kita, kalimat iklannya kita yang buat tapi di yang tweet, misal “Wih abis makan @SotoSetan di dago, gile nikmat dan setan bener cabenya” .  Nah ini jangan tiap hari saran gue sih, misal per 3 hari tapi minta si A ngetwet dalam jarak yang berdekatan selang 10 menit (3x) biar kesannya heboh sendiri jadi followernya bener2 penasaran. Setelah 3 hari suruh tweet lagi, misal “Ga tahan buat ga balik lagi makan di @SotoSentan ini, siap2 lap pel buat keringat, hajarrrr” selang 10 menit “Habis 2 mangkok @SotoSetan dan 3 teh botol, sadis dan nikmat coi”selang 10 menit “ selang 10 menit, minta dia mention beberapa temennya “hoi @sadikayu @yuyunins lo pada mesti makan nih di @SotoSetan ga ada duanya deh.

16. Samperin Twazzup
Kalo maen twitter (please deh bisnis resto/ cafe ga maen twitter hehe), ada banyak aplikasi untuk memantau percakapan online yang spesifik, misal kita jualan bebek, nah pesaing kita katakanlah bebek Garank (hehe temen nih) dan bebek Van Java, kita penge tahu siapa ajah yang udah makan di sana, tinggal di search ajah di twazzup atau twitter, lihat timeline (history) percakapan orang-orang yang membicara dua brand tersebut, terus mention deh tuh orang, contoh “Wah cobain juga @BebekRasaSayang deh, dijamin kangen terus, lgi ada discount juga loh minggu ini”. Nah perpek khan, promo langsung ke orang yang makan bebek hehe.

17. Bayar Media Twitter
Kalo di bandung, mau cepat dikenal gampang pasang iklan ajah sebulanan di @infobdg (nih kontak personnya Opi 085624422232/ 087821930803, hehe bantu promo sekalian), dengan follower yang lebih dari setengah juta orang (500 ribu lebih) ini media yang sangat efekti buat promosi. Nah tapi jangan Cuma iklan begini “Telah dibuka resto bebek @BebekRasaSayang, buat reservasi hubungi 022-xxx.xxx” Hadoohhh capek deh buat iklan kaya begitu, berkonsep dikit kenapa misal “Wow rajanya bebek udah buka @BebekRasaSayang di dago 26, dateng kasih lihat twitter ini buat discount 50 persen”  Nah khan lebih sedikit bombastis dan ada penawaran “kasih liat tweetnya dan diskon”, seperti di awal gue bilang keluar biaya lah buat promo di awal.

18. Undang Artis
Undang beberapa artis buat makan gratis (batesin tapi jumlah undangannya, ntar dia bawa orang sekampung lagi, bisa koit kita haha). Nah sebelum mulai makan minta si artis photo bareng dulu (managernya mah ga usah di ajak wkwk becanda). Nah siapakan spot photo di depan cafe/ resto buat taro photo-photo artis yang udah makan, minta testimonialnya dan tanda tangannya sekalian. Abis itu minta si artis nge tweet juga (rayu-rayu ajah). Photo dan testimonialnya juga jangan lupa dimasukin ke website, di tweet dan di share di facebook kita.

19. Iklan Lowongan Kerja
Nah bener-bener mulai ga masuk akal khan idenya haha, denger dulu biasanya khan kita pasang iklan korang dengan format yah standartlah, ada tulisan Lowongan atau Dibutuhkan atau Kesempatan dll, baru abis itu baru lowongannya dan dibawah nama dan alamat pengiriman lowongan. Nah coba ganti formatnya dibagian paling atas tulis AYAM SADIS, TERENAK no. 2 DI BANDUNG mencari: (Nah baru deh lowongannya), dibagian paling bawah tulis baru alamat, telpon, twitter dan facebook sama promo (Bawa potongan lowongan ini dan dapetkan discount 30 persen makan di Ayam SADIS). Hhehehe sadiskan caranya.

20.Piara Sesuatu
Piaralah sesuatu yang legal dan unik yang bisa jadi cerita. Misal di resto/ cafe kita piara 10 iguana yang gede-gede, nah khan jadi bahan omongan tuh, lagi piara iguana khan ga mahal biayanya, hewannya juga Cuma diem ajah kerjanya dan lucu (wah ini subjektif yah haha). Ntar harapannya khan gampang orang ngomong “tuh makan ke sono ajah, lucu banyak iquana” hehe.

21. Unique Name
Coba bandingkan Bebek Bakar, Bebek Goreng, Bebek Panggang, standart banget khan namanya, iya kalo restaurant/ cafenya memang terkenal namanya ga jadi soal, lah kalo biasa-biasa ajah, habis deh ga ada “cerita” buat konsumen. Kalo namanya di ganti misal Bebek Negro, Bebek Ngamuk atau Bebek Pemalu (bakar enggak, goreng enggak khan pemalu namanya hehe), khan lebih punya cerita dari namanya ajah “eh lu udah cobain Bebek Ngamuk blom?” tuh pasti ngomongin bebek kita khan, ga pernah orang ngomong “eh lo pernah cobain bebek bakar blom?” lah bebek bakar di mana pasti pertanyaannya.

22. Group Discount
Diskon sejumlah group yang datang, misalnya kalo gua dateng ber 10 maka diskonnya 10 persen dan seterusnya, cuma yah harus dibatasi maksimal berapa orang hehe, nanti 1 sekolah dateng lebih dari 100 orang bisa berabeh khan jadi gratis malah resto/ cafenya harus bayar haha. Ini bisa efektif untuk menarik minta komunitas/ kelompok/ rombongan untuk dateng.

23. Kawin Gratis, Bayar Kalo Hamil
Nah ini saya pernah lihat di di the cost, edan yak. Intinya resto bakal biayain biaya pernikahan mulai dari catering, dekorasi dan bahkan mungkin undangan, yes all free, nah kalo teryata nanti hasil baru deh bayar (bisa full, bisa setengahnya) terserah kebijakan restaurant deh. Cuma tentu ada term dan condition, misal hanya untuk 5 pasangan, sebetulnya lebih diarahkan untuk menciptakan WOM dan Topic of The Town ajah biar heboh hehe.

24. Gratis Air Putih
Eh jangan salah yah, kamu bisa protes kalo jual air mineral lumayan marginnya khan modal 800 bisa jual 7000 ribu, lah ini kok malah di gratiskan. Kalo pernah ke bandung sudah pernah ke Suiz Butcher, Raja Sunda atau The Peak, percayalah air putih gratis di sana tapi lihat tempatnya emang pernah sepi? Ini hanya masalah psikologi, kalo dapat air minum berarti saya bisa beli yang lain misalnya tiramisu, soup dll. Jadi menurut saya ini strategi yang jitu sebetulnya.

25. Undang Blogger/ Media
Nah ini sarana yang cukup efektif untuk aktivitas promosi tentunya, kita hanya perlu menyiapkan menu untuk dicicipi, tipsnya pastikan menu yang dikeluarkan adalah menu andalan, dalam porsi yang banyak (jangan pelit) dan buat suasana se asik mungkin sehingga si blogger merasa nyaman, dengan begitu makanpun bisa menjadi lebih lezat. Misal kalo di bandung undangn ceritaperut.com nah abis meliput biasanya mereka akan keluarkan tulisan mengenai liputannya, di sebar juga melalui twitter.

26. Gabung dengan Sindikat
Buset kesannya mafia banget haha, yang memang sejenis perkumpulan begitu tapi ini yang khususkan pada kuliner. Dengan bergabung di sindikat/ komunitas kita bisa saling mempromosikan tempat usaha masing-masing, kalo komunitas onlinenya kuat misalnya twitternya followernya banyak maka ini akan sangat bermanfaat untuk media promo (INGAT, kalo promo harus mengandung 3 W (WOW, WAW dan WUZZ), Wow begitu liat iklannya, Waw begitu baca detailnya dan langsung Wuzz menuju cafe kita haha.

27. Online Coupont
Udah ga jaman sebarin flyer di jaman internet begini  (ga juga sih haha), sekarang jamannya sebar flyer lewat online, caranya gimana? Misal kita beriklan tweet di @kuliner_bandung nah tulis di sana seperti ini “Tunjukan tweet ini dan dapatkan discount 40% makan di @BundoKanduang “, nah so pasti “flyer” ini akan disimpan, daripada flyer cetak pasti bakal lupa atau dibuang.

28. Kalo Habis Gratis ..........
Nah coba sekali-sekali buat promo, “Makan Sosis Kami, kalo habis dalm waktu 10 menit free” nah siapkan sosis yang luar biasa gedeeeeeeeenya, sekaki gajah kalo perlu (hahaha, anaknya gaja maksudnya). Buat tantangan buat makan gratis kalo bisa menghabiskan dalam waktu tertentu.

29. Plat Mobil
Yang plat mobilnya angka ganjilnya 3 dapet discount 30% (misal, lebih gede lebih baik), haha mulai ga waras kayanya idenya yah, tapi kalo menarget yang pake mobil why not, misal platnya B1125 dan ganjilkan 3 jadi gratis discount 30%, gimana kalo ganjil semua yah discount 50% misalnya haha, khan iseng biar banyak yang ngomongin.

30. Terenak no. 2 di Dunia
Inilah kadang enaknya promosi jalanan, mau klaim paling enak se dunia juga ga ada yang urusin, tapi kalo kalaim seperti Kambing Kairo (Terenak no. 2 di Timur Tengah) kayanya lebih mantap dan asik dengarnya, dari mana klaim paling enak no.2? emangnya gua pikirin, udah pasti ga pake riset segala itu sih yang penting WOW, WAW dan WUZZ. Bosen tapi ah klaim no 1, 2 dan 3, klaim ajah ternenak no.5 di Dunia, toh di dunia ini.

yah segini dulu, tunggu 200 idea lainnya yang bisa di download ebooknya. (Kepanjangan boo kalo harus di taro di blog).


Comments

di tunggu 200 ide gila lainnya biar makin maju marketer kuliner Indonesia...cendol gan...
Anonymous said…
Wah, artikel ini harus di bookmark buat referensi

Shinta Margaret
Guraherbal said…
Salut..apa rahasianya spy bisa kreatif kayak gitu mas? klo utk bisnis herbal gimana creative marketingnya?
Rumah Klaten said…
Kalau utk warteg apa juga bisa pakai strategi itu mas?
Nissa said…
yg sdh mas terapkan bwt di nasgormafia yg mana?
Waaahh, ide.y Keren skali. Trimakasih sudah brbagi. Kebetulan bru mulai usaha kuliner nih. D Tunggu jurus lain.y ya mas ^^
Anonymous said…
Waaaahh keren2 idenya, beberapa ide bisa banget di aplikasikan dan UNIK itu yg penting hehe
Makasih buat inspirasinyaaaa :D
Semoga bisa mulai ngumpulin ide2 buat buka cafe

-ATHA-
Edi Huang said…
Wah, bagus banget ide idenya, adakah ide ide yang jg sebagus ini untuk meningkatkan penjualan di travel agent.

Makasih..
Abi Ismail said…
asalamualaikum selamat malam sob saya pengen numpang di video ini tentang link saya 4 nih di bawah
http://bisnisidsurvei76.blogspot.com/
http://tangankreaksiindonesia.blogspot.com/
http://idsurvei84.blogspot.com/
http://idsurvei98.blogspot.com/
dan sekian dari saya terimakasih
walaikum salam wr.wb
Anonymous said…
makasih banyak gan buat Idenya, bener bener ngebantu loh ;)
Helen said…
Kerennnn Abisssss.... Mau PRaktekkk sesegera mungkin,,,, makasihhhhhh
Genius Idea..thanks Brow..
Idenya sangat kreatif dan simple utk diterapkan
NdRozt said…
Marketing BUTUH org gila yg pny ide gila macam anda bung,good idea sngt mmbantu..mana ebooknya nih,ga sabar download bung..hurry up!!
Idenya sangat" membatu sya. Trimakasih ☺️

Popular posts from this blog

10 Ide Promosi untuk Meningkatkan Penjualan Toko Anda tanpa DISKON!

Di usaha kuliner yang saya jalankan, ada periode tertentu yang boleh dibilang “masa panen” bisnis makanan. Ya, Lebaran Idul Fitri, itulah momen emas untuk pemilik bisnis kuliner.  Saat itu, omzet penjualan bisa meningkat 4 kali lipat dan itu merata di semua warung atau rumah makan di daerah saya. Bisa dibilang, tidak ada rumah makan yang sepi ketika itu.

Tapi, “masa panen” tidak berlangsung lama, hanya bertahan sekitar 2 pekan saja. Setelah melewati waktunya, kehidupan bisnis pun kembali berjalan normal. Pemilik usaha lagi-lagi harus memutar otak bagaimana mempertahankan laju bisnis mereka. Dan fenomena ini juga berlaku di bisnis selain kuliner, khususnya bisnis yang bergerak di bidang eceran (retail), seperti toko fashion dan sejenisnya. Atau Anda juga merasakan hal yang sama berlaku di bisnis yang Anda jalankan?

Untuk meningkatkan penjualan di waktu “sepi”, pemilik bisnis harus berpikir secara cermat. Cara yang biasa, seperti diskon misalnya, kadang bukan pilihan terbaik di saat bisn…

Push & Pull Marketing Via Online

Banyak sekali aktifitas-aktifitas marketing yang bisa dilakukan dalam upaya meningkatkan penjualan Online, mulai dari aktivasi branding dengan promosi, reseller/ agen, kerjasama pihak ketiga dan lain-lain. Aktifitas penjualan online yang menjamur di Indonesia saat ini menjadikan atmosfer persaingan dan kompetisi yang ada dan berkembang di pasar menjadi sangat kompetitif, dan sering “sikut-sikutan”. Hal ini otomatis memaksa para pemilik brand untuk putar otak, untuk bagaimana caranya brand dan product yang diusungnya sebagai public trusted brand/ product yang secara langsung akan mempengaruhi penjualan

Strategi!! Ya, ini yang harus dilakukan, tapi jangan lupa action yang paling penting. Berbagai strategi bisa dilakukan dalam upaya menggaet pasar dan membangun brand awareness, ini menjadi hal yang sangat wajib bagi pemilik brand. Push & Pull Marketing Activities, ini dia yang akan coba saya bahas dalam artikel saya sekarang. Banyak cara yang dapat kita lakukan dalam pada metode pus…