Nov 20, 2012

Iklan di Welcome Screen Facebook, Tertarik?


A: “Facebook Ads gue sekarang harga per kliknya murah bener lho!”
B: “Pasang dimana?”
A: “Biasa. Untuk penambahan likes sama klik ke website”
B: “Udah coba pasang di Welcome Screennya?”
A: “Oh, emang ada ya?”

Yep! Beberapa pekan lalu, Facebook membuka channel iklan baru untuk para advertisers. Bukan tanpa tujuan, Facebook melakukan hal ini. “Ini adalah salah satu cara untuk mempertahankan Facebook agar tetap bisa dinikmati secara gratis”, begitu yang tertera pada keterangan di salah satu menu Adverts Manager Facebook. Semakin banyak channel yang dibuat oleh Facebook, semakin besar kesempatan Facebook untuk meraup uang banyak sehingga mereka tidak perlu “kalo perlu selamanya” untuk membebankan biaya kepada usernya.


Pada saat Anda log out dari akun Facebook Anda, Anda akan di-direct kembali ke welcome page Facebook. Di satu kesempatan, Anda akan menemukan semacam tampilan fanpage pada welcome page tersebut. Inilah Facebook untuk tetap menerima penghasilan. Bukan hanya menguntungkan bagi Facebook, hal ini pun memberikan beberapa keuntungan bagi para pemasang iklan.

Dengan memperluas channel iklan, para advertiser ini memiliki banyak manfaat. Diantaranya adalah:

1. Banyaknya Pilihan Fitur untuk Pemasangan Iklan Facebook
Sebelum diluncurkannya channel pemasangan iklan di welcome screen, pilihan placement ads di Facebook hanya ada dua; sponsored stories, dan adverts. Kedua fitur placement ads ini sangat efektif untuk strategi community building atau traffic website.  Pada fitur Sponsored Stories, tidak ada teks yang muncul kecuali stories dari seseorang bahwa salah satu teman di facebooknya sudah me-like salah satu fanpage. Sedangkan pada Adverts, para advertiser bisa mengkustomisasi teks yang tampil dan juga display picture yang ditampilkan.

Namun dalam hal ini, gambar yang ditampilkan adalah gambar dengan ukuran standar. Jika gambar tersebut memiliki detil, detil tersebut tidak akan terlalu nampak. Oleh karena itu jika ingin menampilkan gambar untuk facebook ads fitur Adverts ini disarankan bukan gambar-gambar yang memiliki detil yang banyak. Namun dengan adanya fitur baru dari Facebook Ads yakni pemasangan iklan di welcome screen ini, para advertiser bisa menampilkan gambar yang lebih besar.

2. Biaya Pay per Click (PPC) untuk Standard Ads Semakin Murah
Para advertiser berlomba-lomba untuk memasang iklan di welcome screen Facebook Ads yang mampu menampilkan banyak gambar disana. Berkaitan dengan hal ini, channel facebook ads yang lain terabaikan. Para advertiser mengantri untuk melakukan placements ads pada fitur baru Facebook. Oleh karena itu, untuk tetap menghidupkan channel ads yang lama,

Facebook menurunkan harganya beberapa rupiah. Biaya PPC yang tadinya bidding price Rp. 600 akan mendapatkan PPC sekitar Rp. 553, kali ini dengan bidding price Rp. 1,000, Facebook Ads memberikan PPC sekitar Rp. 345-an saja. Hal ini akan sangat menguntungkan jika target yang dicapai adalah penambahan jumlah fans atau visit ke website.

3. Mendapatkan Brand Awareness yang Tinggi dari Welcome Screen Facebook Ads
Tidak perlu lagi meminimalisasi display picture pada advert, karena para advertiser bisa mendapatkan lahan iklan yang sangat besar pada welcome screen Facebook. Disini bukan hanya advert ataupun specific post yang ditampilkan, tetapi fanpage para advertiser pun akan dipampang dengan ukuran tidak jauh seperti aslinya.

Untuk mendapatkan nilai dari brand awareness, pemasangan iklan di welcome screen Facebook ini adalah salah satu strategi yang bisa diandalkan. Orang lain bukan hanya akan melihat ads kita. Mereka bahkan seperti sudah diberi teaser dari sebagian tampilan fanpage kita. Tidak melupakan fitur-fitur sebelumnya, di welcome screen ini pun para targe iklan bisa langsung like pada postingan tertentu yang ditampilkan advertiser.

Bagaimana? Anda berniat mencoba iklan di welcome screen Facebook ini untuk brand Anda?

creasionbrand

No comments: