Sep 9, 2013

Android Khong Guan ... Eh Salah, Kitkat

Minggu lalu, pemberitaan dunia on line sangat hangat membicarakan peluncuran seri OS terbaru milik android, sebenarnya tidak ada yang terlalu istimewa awalnya, jika saja tidak dibungkus sebuah naming yang memberikan efek word of mouth yang sangat luar biasa. Seperti kita tahu, android selalu menggunakan nama2 permen ataupun makanan yang manis2 dan ber urut abjad untuk nama-nama seri OS android nya, sedikit saya coba review, yang versi awal dinamakan Cupcake, Donut, Eclair, Froyo, Gingerbread, Honeycomb, dan Jelly Bean (hmmm... jadi ngiler.. :p).

Rumor yang tersebar abjad “K” yang digadang-gadang akan menjadi nama baru OS android adalah Key Lime Pie, dan nama ini yang memang diketahui bahkan oleh internal Google sendiri akan menjadi nama seri terbaru OS android, sampai dengan hari peuncuran nya tiba2 Google mengumumkan bahwa nama OS terbaru nya adalah KitKat.

Kerjasama antara raksasa bidang IT Google dan produsen makanan Nestle KitKat ini cukup unik, karena tidak ada nilai uang dalam kontrak yang melibatkan dua buah perusahaan yang masing-masing besar di industri yang berbeda, apalagi kepiawaian Boss Google menyimpan rahasia bahkan di internal nya juga patut diacungi jempol, pasca peluncuran OS baru Android ini, internal Google hanya mengetahui jika code name yang diberikan adalah Key Lime Pie, tapi ternyata pas di hari-H Jrengg.... ternyata barulah dibuka informasi nya bahawa ternyata kode nama OS android yang terbaru adaah KitKat, mengambil nama dari produsen coklat yang pasti nya kita semua tahu

Nah, ujung2 nya pada saat kita ngobrolin soal kerja sama pastinya jadi bertanya-tanya, apa ya benefit untuk masing-masing pihak? Hmmm... saya kan coba bahas beberapa poin menurut padangan saya tentunya dari cerita yang sangat luar biasa minggu lalu dijagat online.

1. Double your publicity

Pernah dengar istilah: “If you can not do it alone, just collaborate”. Memang sih bukan berarti si Google ataupun KitKat tidak mampu melakukan gebrakan promosi ataupun campaign yang besar jika bergerak sendiri, tapi mungkin sederhana nya begini: jika sumber daya antara 2 buah perusahaan digabungkan (baik itu dari sisi brand effect, budget maupun aktivitas) mungkin hasilnya malah akan membuat gebrakan yang cukup besar. Terbukti pemberitaan di banyak media tidak berhenti sampai dengan cerita tentang naming Android saja, tapi juga sampai pada cerita tentang KitKat yang me rejuvenate website nya. Belum lagi “gulungan” meme dan pembicaraan isu ini di social media.

2. Grab other industry market
Ini yang menurut saya paling win—win dari cerita kerja sama Android KitKat, bagi Android, sistem operasi nya lebih bisa di remind dan dikenal oleh market yang sudah digarap oleh KitKat, mengingat KitKat juga meluncurkan produk khusus KitKat yang berbentuk makhluk hijau boneka android juga yang rencana nya akan dijual juga ke jaringan2 distribusi nya.

Sedangkan untuk KitKat, hal ini juga terobosan dalam hal inovasi komunikasi dan publistitas, daripada melulu sampling, branding, advertise, special discount, dll dan kegiatan promosi lain2nya yang sudah pernah dilakukan, maka terobosan ini juga membuat nilai tambah tersendiri, dan juga bisa mengakuisisi market pengguna android dan android lover yang mungkin sebelum nya bukan market yang di target dan digarap oleh KitKat.

3. Promotion tactic – Gimmick always welcome
Aktifitas promosi mungkin sudah sering dilakukan oleh 2 brand besar ini, tapi dengan menggabungkan kekuatan maka program promosi yang dilakukan tidak melulu standar. Misalnya untuk campaign ini, bagi pembeli KiKat dengan edisi khusus ini (edisi Android), maka Google menyediakan gimmick Nexus 7 dan beberapa Google Play credit. Untuk KitKat benefitnya adalah membuat program promosi Buy More dengan support hadiah dari Google, dan bagi Google bisa melakukan aktifitas sampling dan bagi2 voucher melalui channel yang dimiliki KitKan, so it’s a WIN-WIN solution for both

4. Unique message & push to action
Naming Android KitKat mau tidak mau memancing kita untuk mencari tau lebih banyak ketika mendengarnya, hal ini bisa juga disebabkan karena memang message yang disampaikan cukup unik, yaitu OS dengan seri kode nama menggunakan brand, dimana selama ini Android hanya menggunakan nama2 kategori makanan saja, bukan brand sebuah makanan.

Keunikan ini juga memancing kreatifitas dan juga :"gelombang” kepo dan eksis para netizen yang juga memang sangat bangga dan happy untuk ikutan dalam topik yang sedang hangat. Terbukti sebuah foto coklat KitKat edisi khusus yang diposting di path oleh teman saya yang bekerja di Google, dalam sekejap sudah di repath oleh teman2nya dan juga teman-teman saya, bahkan tidak lama berselang muncul juga meme mengenai Android Khong Guan. Poin Unique Message dan Push to Action memang sukses dieksekusi oleh Google (produsen OS Android) dan Nestle (produsen KitKat). Well done

Hmm by the way Khong Guan khan juga awalan "K" yah, coba saja bisa di lobi wah bisa mendadak terkenal Indonesia karena seluruh dunia pasti penasaran apa itu Khong Guan hehe "just kidding".

Brown & Cony: Is it love?
Kisah Sticker yg Membuat Mama Membeli Mesin Cuci
8 Tips Melakukan Konversi (Jualan) di Website
Tongkat Narsis, Bu Ani Ajah Ikut Eksis
Aceh, Uda Gembul dan Going Global

www.creasionbrand.co.id 

Grab the Android KitKat unwrapped from Larry Page G+
Grab the Android Khong Guan from: @gantinareza

4 comments:

ranirano said...

wih jempol banget emang, gak nyangka juga seri terbaru android menyandang nama kitkat. taktik yang mereka lakukan patut dicoba juga nih, because i cant walk alone

Anonymous said...

Interesting, baru kali ini 2 perusahaan besar yg beda banget industri nya bikin kerja sama dan ga ada nilai nominal kontrak yang terlibat.
Two thumbs up

Shinta Margaret

adi jm said...

“If you can not do it alone, just collaborate”.. jd ada ide buat promo produk saya nih.. artikelnya top banget.. thanx berat..

Sarita dan segenggam Cerita said...

Thank you sudah berkunjung ke blog kami. Untuk Adi Jm ditunggu ide2 brilliant nya :)
Good luck