Nov 25, 2013

UnitLink, Kisah si A dan si B

Ada dua pristiwa yang cukup inspiratif yang saya alami beberapa waktu lalu, alkisah ada 2 sahabat saya yang sama-sama berkerja sebagai agen asuransi Pru..., dua-duanya menjual unit link dan dua-duanya menghubungi saya untuk coba mempresentasikan unit linknya di Creasionbrand dan Dixgital. Yah sebagai teman, tentu saya ga enak kalo ga kasih izin hehe, sehingga biarpun produknya sama namun saya izinkan keduanya untuk melakukan presentasi.

Singkat kata, teman saya pertama menghasilkan penjualan NOL dan teman saya yang melakukan presentasi kedua menghasilkan 6 polis di kantor. Wow singnifikan sekali yah, bagaimana bisa ceritanya sehingga hasilnya yang terjadi cukup mencolok seperti itu padahal apa yang mereka tawarkan pada dasarnya sama persis lha wong dari perusahaan yang sama kok.

Pada awalnya saya sengaja mengundang mereka satu per satu untuk mempresentasikan terlebih dahulu penawarannya kepada saya, dan dari hasil presentasi tersebut saya 1000 persen yakin sepertinya si B akan bisa melakukan clossing dan si A kemungkinan besar bisa gagal melakukan clossing, dan ternyata memang terbukti persis seperti yang saya pikirkan sebelumnya. Mengapa?

Ada beberapa point yang saya lihat secara signifikan memberikan perbedaan hasil antara Si A dan Si B, coba yuk kita lihat:

1. How to say
Biarpun produk sama tapi cara menyampaikannya berbeda hasil bisa menjadi sangat signifikan berbeda, inilah yang sebetulnya terjadi. Kemampuan dalam "membahasakan" kembali apa yang dijual menjadi signifikan faktor yang menyebabkan satu penjual menghasilkan ZERO clossing dan satu lagi pada persis calon konsumen yang sama menghasilkan 6 polis.

Jadi kadang urusan menjual apalagi yang memang menuntut individual skill is not about only what you sell, but it is about how do you sell it. Nah ini juga sebetulnya apa yang dinamakan dengan differensiasi, bukan hanya berarti harus produknya berbeda tapi juga bisa jadi dibangun dengan cara menyampaikannya yang berbeda. Dalam konteks ini si A hanya menyampaikan Produk Unit Link, sementara si B menyampaikan Solusi dari Unit Link.

2. Solution - Benefit - Function

Nov 21, 2013

Inovasi itu apa

"Sebuah proses dalam menciptakan sesuatu yang baru atau memberikan nilai tambah baru pada product atau jasa yang kemudian bisa memberikan dampak terhadap brand dan penjualan perusahaan secara  kontinue"

Inovasi, ini kata-kata yang sering sekali menjadi jargon banyak pemasar di dunia ini, kata-kata yang mudah sekali diucapkan dibahas dan dijadikan topik dalam setiap bisnis yang ada, namun sebetulnya apa sih inovasi itu? apakah sekedar nyeleneh? atau tiap bulan launching produk baru?? atau buat iklan yang buat orang WOW?

Saya sendiri sering kali bingung dengan terminologi inovasi khususnya bila kita bicara dalam konteks pemasaran, sampai pagi ini ketika sedang asik di kamar mandi terpikirlah untuk menuangkan ide dalam tulisan tentang inovasi ini hehe, yah tentu ide dalam tulisan ini berdasarkan pengalaman dan juga baca-baca dari yang sudah pernah ditulis oleh banyak marketer.

Dalam tulisan ini saya ingin mencoba menuangkan dua point utama yaitu definisi dari inovasi itu sendiri dan kemudian bagaimana proses dari inovasi itu sendiri yang pada akhirnya memberikan impact pada kegiatan pemasaran di perusahaan baik itu dari sisi brand maupun sales.

Ok apa sih inovasi itu? Nih definisi saya yah setelah bertapa 30 menit di kamar mandi hehe yaitu "Sebuah proses dalam menciptakan sesuatu yang baru atau memberikan nilai tambah baru pada yang sudah eksis yang kemudian bisa memberikan dampak terhadap brand dan penjualan perusahaan secara  kontinue". So kalo tidak ada dampak terhadap ekuitas brand dan sales bukan inovasi dong namanya? Lah iyalah, wong kita ngomongin bisnis, kalo kata bapak saya "kalo ga dibeli orang yah artinya ga inovatif".